Resensi Buku Manajamen Edisi Kesepuluh Stephen P. Robbins

 

manajemen edisi kesepuluh jilid IBuku berjudul “Manajemen” edisi kesepuluh Stephen P. Robbins ini terdiri dari 2 jilid. Yang diresensi kali ini jilid 1 terlebih dahulu. Dalam buku ini berbicara tentang 3 bagian besar yaitu mendefinisikan tugas manajer, perencanaan dan pengorganisasian. Mungkin kebanyakan dari pembaca memiliki persepsi bahwa buku - buku sejenis ini akan berisi teori – teori yang normatif atau bahkan sulit dipahami tentang manajemen, agaknya persepsi itu terkikis setelah kita membaca buku ini. Setiap bagian besar sudah terbagi dalam beberapa bab yang dijelaskan secara sistematis dan terdapat contoh-contoh konkrit. 

Judul Buku: Manajemen Edisi Kesepuluh, Jilid 1

Penulis: Stephen P. Robbins, Mary Coulter

Penerbit: Erlangga

Tahun Terbit: 2010

Jumlah Halaman: xv + 344

Dimensi dan Cover: 16 x 21 cm, soft cover

ISBN: 9789790755888

Kategori: Manajemen

Harga: Rp 261.000,-

Manajemen, Kunci Pengelolaan Organisasi

Nurul Khotimah

Manajemen adalah hal yang paling dekat dalam kehidupan kita. Setiap kita bicara sebuah usaha bisnis, organisasi, perusahaan, bahkan kepanitiaan acara di kampung pasti tak lepas dari manajemen. Sukses gagalnya sebuah organisasi juga bergantung pada bagaimana manajemennya. Manajemen kita kenal dalam 4 proses yaitu perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), penggerakan (actuating), dan pengendalian (controlling).

Bagian satu dalam buku ini berbicara tentang mendefinisikan tugas manajer.Setelah habis membaca bagian satu ini kita akan memiliki pemahaman yang komprehensif tentang apa, mengapa dan bagaimana manajer dan proses manajemen itu. Di bab 1, kita akan menyelami topik pengantar manajemen dan organisasi. Secara runtut dijelaskan siapa yang disebut manajer itu, apa kerja – kerja manajer, medan apa yang sedang dihadapi manajer, bagaimana cara manajer dalam berpikir, mengapa manajemen perlu dipelajari dan tantangan apa yang akan dihadapi oleh manajer.

Sedangkan di bab 2 kita akan dibawa masuk menyelami sejarah manajemen. Ada 4 pendekatan yang dijelaskan di buku ini yaitu pendekatan klasik, pendekatan kuantitatif, pendekatan perilaku dan pendekatan kontemporer. Asyiknya dalam buku ini,kita tidak akan merasa bosan membaca bagaimana sejarah ilmu manajemen ini berkembang dari yang awalnya hanya berorientasi pada “manusia sebagai mesin” menjadi aliran manajemen yang lebih situasional sesuai dengan kondisi organisasi dan manajer karena kita juga akan ditunjukkan sekilas cerita dari manajer – manajer dunia serta nasihat-nasihat manajemen dari mereka. Di setiap pendekatan diuraikan latar belakang munculnya teori, apa sumbangsih teori itu terhadap manajemen dan bagaimana teori itu berjalan dalam mengelola organisasi.

Setelah berbicara sejarah manajemen, di bab 3 kita akan diajak untuk memahami budaya dan lingkungan organisasi. Kita akan mempelajari faktor – faktor yang membatasi kewenangan para manajer dalam melaksanakan pekerjaannya. Faktor itu bisa dari internal ataupun eksternal organisasi. Dijelaskan juga kira – kira apa saja pengaruhnya faktor tersebut dalam kerja manajemen. Dengan memahami pengaruh factor internal dan eksternal bagi kerja manajemen organisasi, manajer akan memiliki kerangka berpikir untuk menganalisis kondisi dan menetapkan strategi yang tepat. Lebih jelasnya, di bab 4 kita akan dikenalkan pada praktik manajemen di lingkungan global. Memang, organisasi yang dibahas di buku ini adalah organisasi bisnis sehingga wajar saja jika di bab ini kita akan diajak untuk mengetahui pendekatan etnosentris, polisentris dan geometris terhadap bisnis global. Contohnya, ada pembahasan tentang pentingnya persekutuan perdagangan regional dan World Trade Organization (WTO) serta bagaimana struktur dan teknik yang dipakai organisasi ketika go international.

Di bab terakhir dalam bagian satu ini diuraikan tentang tanggung jawab sosial dan etika manajerial. Tujuan adanya bab ini adalah memberikan pemahaman pada manajer bahwa mereka tidak hanya memimpin sebuah organisasi, mengembangkan modal sebanyak – banyaknya, tanpa ada tanggung jawab sosial dan sikap etis. Kita akan mengetahui bahwa manajer punya tanggung jawab sosial yaitu memenuhi kewajiban legal dan ekonomi yang berlaku di daerah/negaranya, melakukan hal yang benar dan bertindak dengan cara yang baik bagi masyarakat serta berpedoman pada kode etik manajemen.

Di bagian kedua, buku ini mulai masuk pada proses inti manajemen. Tentunya yang dibahas pertama kali adalah elemen proses manajemen yang paling awal yaitu perencanaan. Ada 3 bab yang dibahas di sini yaitu manajer sebagai pembuat keputusan, dasar – dasar perencanaan dan manajemen strategik. Saat membaca buku ini, kita akan memahami perencanaan secara utuh (dari hulu ke hilir) dan cukup detail. Kita akan dibuat tersadar dulu bahwa manajer itu pembuat keputusan lalu ditunjukkan tentang proses pembuatan keputusan, jenis keputusan dan gaya pembuatan keputusan. Di dasar-dasar perencanaan kita akan menemui pembahasan yang komprehensif mengenai perencanaan mulai dari definisi, mengapa manajer harus membuat perencanaan, jenis tujuan dan rencana, bagaimana menetapkan tujuan dan masalah – masalah yang biasa terjadi dalam perencanaan. Sedangkan di bab terakhir dalam bagian kedua ini akan dikupas mengenai manajemen strategik mulai dari definisi dan nilai penting, hingga ragam strategi serta proses manajemen strategik. Manajemen strategik memang sangat dibutuhkan untuk organisasi yang levelnya sudah cukup besar dan sedang dalam masa mengembangkan atau mempertahankan karena sudah berada di level atas dalam persaingan global.

Setelah perencanaan dibahas tuntas, buku ini melanjutkan pembahasannya ke bagian ketiga yakni pengorganisasian. Bagian ini dibahas dalam 3 bab yaitu struktur dan desain organisasi ; mengelola sumber daya manusia ; mengelola tim. Ketika membaca bagian ini, kita akan dibawa untuk memahami dulu konsep dasar pengorganisasian, baru kemudian spesifik ke bagaimana mengelola sumber daya manusia (SDM) secara umum dan mengelola tim kerja. Di bab struktur dan desain organisasi, poin pentingnya ada di perancangan struktur organisasi yang layak dan proses lahirnya keputusan – keputusan dalam perencanaan struktur ini. Mengelola sumber daya manusia titik tekannya lebih kepada pemilihan, pengelolaan, dan pengembangan SDM agar rencana yang ditetapkan bisa dijalankan dengan baik.

Tiap bab dalam buku ini selalu dilengkapi peraga berupa tabel, ilustrasi, gambar, dan skema yang lebih bisa mempertajam dari penjelasan. Buku ini juga kaya contoh dan realitas manajemen yang diambil dari perusahaan – perusahaan bisnis di berbagai negara. Keunggulan lainnya terletak di diksi yang begitu mengalir dan mudah dipahami. Tidak banyak ditemukan istilah – istilah yang rumit/asing sehingga membuat buku ini pas dijadikan sebagai referensi atau bahan ajar. Keunggulan yang menjadikan buku ini makin baik adalah di setiap akhir bab ada “kotak fitur” yang berisi sasaran pembelajaran (rangkuman topik bahasan bab itu), “berpikir tentang isu – isu manajemen” yaitu pertanyaan – pertanyaan konsep yang bisa digunakan untuk uji pemahaman konsep bab itu, dan “giliran anda menjadi manajer” yang berisikan studi kasus dan penerapan teori inti dari bab yang sudah dibahas. Selain itu, di setiap akhir pembahasan topik, ada semacam kumpulan konsep penting dan maksud singkatnya di bagian bawah halaman. Dengan begitu, kita tidak perlu repot menggarisbawahi bagian penting dari setiap pembahasan karena sudah terbantu dengan adanya kumpulan konsep ini.

Buku ini tidak membosankan untuk dibaca karena penyajiannya sistematis serta jelas mana topik dan sub topiknya. Dari segi visual juga tidak hanya deretan huruf dan kalimat, tapi juga peletakan skema,warna,gambar, dan foto diatur dengan cukup baik. Untuk kertas sudah cukup baik karena menggunakan HVS putih. Buku ini juga dilengkapi indeks di akhir buku sehingga memudahkan jika ingin mlekukan pencarian cepat.

Kelemahan buku ini terletak di cover yang kurang menarik secara desain visual,padahal di dalamnya bisa dibilang cukup bagus secara kualitas isi dan tampilan visualnya. Selain itu, secara isi, buku ini akan lebih baik jika contoh-contoh yang disertakan lebih dekat dengan pembaca, misalnya dengan menambahkan contoh dari perusahaan level internasional yang merk produknya juga cukup terkenal di Indonesia atau perusahaan nasional di Indonesia.

Buku ini direkomendasikan untuk akademisi, praktisi manajemen, mahasiswa jurusan manajemen dan bisnis, pengamat manajemen, calon manajer, business owner, entrepreneur, manajer yang sedang bertugas dan masyarakat umum yang berminat mendalami bidang manajemen.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar