Penulis: Stephen P. Robbins,
Mary Coulter
Penerbit: Erlangga
Tahun
Terbit: 2010
Jumlah
Halaman: xv + 344
Dimensi
dan Cover: 16 x 21 cm, soft cover
ISBN: 9789790755888
Kategori: Manajemen
Harga: Rp 261.000,-
Manajemen, Kunci Pengelolaan Organisasi
Nurul Khotimah
Manajemen adalah hal yang paling dekat dalam
kehidupan kita. Setiap kita bicara sebuah usaha bisnis, organisasi, perusahaan,
bahkan kepanitiaan acara di kampung pasti tak lepas dari manajemen. Sukses
gagalnya sebuah organisasi juga bergantung pada bagaimana manajemennya.
Manajemen kita kenal dalam 4 proses yaitu perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing),
penggerakan (actuating), dan
pengendalian (controlling).
Bagian satu dalam buku ini berbicara tentang
mendefinisikan tugas manajer.Setelah habis membaca bagian satu ini kita akan
memiliki pemahaman yang komprehensif tentang apa, mengapa dan bagaimana manajer
dan proses manajemen itu. Di bab 1, kita akan menyelami topik pengantar
manajemen dan organisasi. Secara runtut dijelaskan siapa yang disebut manajer
itu, apa kerja – kerja manajer, medan apa yang sedang dihadapi manajer,
bagaimana cara manajer dalam berpikir, mengapa manajemen perlu dipelajari dan
tantangan apa yang akan dihadapi oleh manajer.
Sedangkan di bab 2 kita akan dibawa masuk menyelami
sejarah manajemen. Ada 4 pendekatan yang dijelaskan di buku ini yaitu pendekatan
klasik, pendekatan kuantitatif, pendekatan perilaku dan pendekatan kontemporer.
Asyiknya dalam buku ini,kita tidak akan merasa bosan membaca bagaimana sejarah
ilmu manajemen ini berkembang dari yang awalnya hanya berorientasi pada
“manusia sebagai mesin” menjadi aliran manajemen yang lebih situasional sesuai
dengan kondisi organisasi dan manajer karena kita juga akan ditunjukkan sekilas
cerita dari manajer – manajer dunia serta nasihat-nasihat manajemen dari mereka.
Di setiap pendekatan diuraikan latar belakang munculnya teori, apa sumbangsih
teori itu terhadap manajemen dan bagaimana teori itu berjalan dalam mengelola
organisasi.
Setelah berbicara sejarah manajemen, di bab 3 kita
akan diajak untuk memahami budaya dan lingkungan organisasi. Kita akan
mempelajari faktor – faktor yang membatasi kewenangan para manajer dalam
melaksanakan pekerjaannya. Faktor itu bisa dari internal ataupun eksternal
organisasi. Dijelaskan juga kira – kira apa saja pengaruhnya faktor tersebut dalam
kerja manajemen. Dengan memahami pengaruh factor internal dan eksternal bagi
kerja manajemen organisasi, manajer akan memiliki kerangka berpikir untuk
menganalisis kondisi dan menetapkan strategi yang tepat. Lebih jelasnya, di bab
4 kita akan dikenalkan pada praktik manajemen di lingkungan global. Memang,
organisasi yang dibahas di buku ini adalah organisasi bisnis sehingga wajar
saja jika di bab ini kita akan diajak untuk mengetahui pendekatan etnosentris,
polisentris dan geometris terhadap bisnis global. Contohnya, ada pembahasan
tentang pentingnya persekutuan perdagangan regional dan World Trade Organization (WTO) serta bagaimana struktur dan teknik
yang dipakai organisasi ketika go
international.
Di bab terakhir dalam bagian satu ini diuraikan
tentang tanggung jawab sosial dan etika manajerial. Tujuan adanya bab ini
adalah memberikan pemahaman pada manajer bahwa mereka tidak hanya memimpin
sebuah organisasi, mengembangkan modal sebanyak – banyaknya, tanpa ada tanggung
jawab sosial dan sikap etis. Kita akan mengetahui bahwa manajer punya tanggung
jawab sosial yaitu memenuhi kewajiban legal dan ekonomi yang berlaku di
daerah/negaranya, melakukan hal yang benar dan bertindak dengan cara yang baik
bagi masyarakat serta berpedoman pada kode etik manajemen.
Di bagian kedua, buku ini mulai masuk pada proses
inti manajemen. Tentunya yang dibahas pertama kali adalah elemen proses
manajemen yang paling awal yaitu perencanaan. Ada 3 bab yang dibahas di sini
yaitu manajer sebagai pembuat keputusan, dasar – dasar perencanaan dan
manajemen strategik. Saat membaca buku ini, kita akan memahami perencanaan
secara utuh (dari hulu ke hilir) dan cukup detail. Kita akan dibuat tersadar
dulu bahwa manajer itu pembuat keputusan lalu ditunjukkan tentang proses
pembuatan keputusan, jenis keputusan dan gaya pembuatan keputusan. Di dasar-dasar
perencanaan kita akan menemui pembahasan yang komprehensif mengenai perencanaan
mulai dari definisi, mengapa manajer harus membuat perencanaan, jenis tujuan
dan rencana, bagaimana menetapkan tujuan dan masalah – masalah yang biasa
terjadi dalam perencanaan. Sedangkan di bab terakhir dalam bagian kedua ini
akan dikupas mengenai manajemen strategik mulai dari definisi dan nilai
penting, hingga ragam strategi serta proses manajemen strategik. Manajemen
strategik memang sangat dibutuhkan untuk organisasi yang levelnya sudah cukup
besar dan sedang dalam masa mengembangkan atau mempertahankan karena sudah
berada di level atas dalam persaingan global.
Setelah perencanaan dibahas tuntas, buku ini
melanjutkan pembahasannya ke bagian ketiga yakni pengorganisasian. Bagian ini
dibahas dalam 3 bab yaitu struktur dan desain organisasi ; mengelola sumber
daya manusia ; mengelola tim. Ketika membaca bagian ini, kita akan dibawa untuk
memahami dulu konsep dasar pengorganisasian, baru kemudian spesifik ke
bagaimana mengelola sumber daya manusia (SDM) secara umum dan mengelola tim
kerja. Di bab struktur dan desain organisasi, poin pentingnya ada di
perancangan struktur organisasi yang layak dan proses lahirnya keputusan –
keputusan dalam perencanaan struktur ini. Mengelola sumber daya manusia titik
tekannya lebih kepada pemilihan, pengelolaan, dan pengembangan SDM agar rencana
yang ditetapkan bisa dijalankan dengan baik.
Tiap bab dalam buku ini selalu dilengkapi peraga
berupa tabel, ilustrasi, gambar, dan skema yang lebih bisa mempertajam dari
penjelasan. Buku ini juga kaya contoh dan realitas manajemen yang diambil dari
perusahaan – perusahaan bisnis di berbagai negara. Keunggulan lainnya terletak
di diksi yang begitu mengalir dan mudah dipahami. Tidak banyak ditemukan
istilah – istilah yang rumit/asing sehingga membuat buku ini pas dijadikan
sebagai referensi atau bahan ajar. Keunggulan yang menjadikan buku ini makin
baik adalah di setiap akhir bab ada “kotak fitur” yang berisi sasaran pembelajaran
(rangkuman topik bahasan bab itu), “berpikir tentang isu – isu manajemen” yaitu
pertanyaan – pertanyaan konsep yang bisa digunakan untuk uji pemahaman konsep
bab itu, dan “giliran anda menjadi manajer” yang berisikan studi kasus dan
penerapan teori inti dari bab yang sudah dibahas. Selain itu, di setiap akhir
pembahasan topik, ada semacam kumpulan konsep penting dan maksud singkatnya di
bagian bawah halaman. Dengan begitu, kita tidak perlu repot menggarisbawahi
bagian penting dari setiap pembahasan karena sudah terbantu dengan adanya
kumpulan konsep ini.
Buku ini tidak membosankan untuk dibaca karena
penyajiannya sistematis serta jelas mana topik dan sub topiknya. Dari segi
visual juga tidak hanya deretan huruf dan kalimat, tapi juga peletakan skema,warna,gambar,
dan foto diatur dengan cukup baik. Untuk kertas sudah cukup baik karena
menggunakan HVS putih. Buku ini juga dilengkapi indeks di akhir buku sehingga
memudahkan jika ingin mlekukan pencarian cepat.
Kelemahan buku ini terletak di cover yang kurang menarik secara desain visual,padahal di dalamnya
bisa dibilang cukup bagus secara kualitas isi dan tampilan visualnya. Selain
itu, secara isi, buku ini akan lebih baik jika contoh-contoh yang disertakan
lebih dekat dengan pembaca, misalnya dengan menambahkan contoh dari perusahaan
level internasional yang merk produknya juga cukup terkenal di Indonesia atau
perusahaan nasional di Indonesia.
Buku ini direkomendasikan untuk akademisi, praktisi
manajemen, mahasiswa jurusan manajemen dan bisnis, pengamat manajemen, calon
manajer, business owner, entrepreneur,
manajer yang sedang bertugas dan masyarakat umum yang berminat mendalami bidang
manajemen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar