Kenapa Menulis Resensi


Kenapa Menulis Resensi?
Oleh: Ay Gustin
            Faktanya, banyak sekali manfaat yang didapatkan dari menulis resensi. Manfaat adalah kadar nilai, atau seberapa besar pengaruhnya terhadap orang banyak. Tentunya, menulis resensi dapat memberikan manfaat tidak hanya untuk penulisnya saja, namun juga kepada pembaca dan penulis buku. Mungkin banyak situs-situs yang menjelaskan tentang manfaat menulis resensi dengan perspektif yang bisa dibilang umum bahkan hampir sama dari satu situs dengan situs yang lain. Namun, disini akan dijelaskan apa saja manfaat menulis resensi dari perspektif atau sudut pandang resensator. Beberapa hal yang dibahas di dalam artikel kali ini adalah: manfaat untuk resensator, manfaat untuk pembaca dari perspektif resensator, dan manfaat untuk penulis buku dari sudut pandang resensator.
v  Resensator
Selaku subyek, resensator bisa memperoleh beberapa manfaat dari menulis resensi. Resensator akan belajar menilai sesuatu dengan obyektif. Karena dalam menulis resensi, resensator tidak boleh menambahkan atau mengurangkan kelebihan dan kekurangan yang terdapat dalam suatu buku. Tidak hanya itu, resensator juga akan belajar mengambil informasi penting dari buku yang telah dibaca. Karena bukan rahasia umum, masih banyak diantara mereka yang berkali-kali mengkhatamkan buku namun tidak bisa mengambil informasi atau point penting yang ada di dalam buku tersebut. Menulis resensi juga bisa menjadi ajang latihan menulis. Kemudian yang terkahir dan yang paling menarik adalah resensator bisa mendapatkan buku gratis dari penulis buku (akan dibahas lebih lanjut di artikel berikutnya).
v  Pembaca
Berdasarkan perspektif resensator, manfaat yang bisa diperoleh pembaca dari resensi diantaranya adalah resensator dapat memberikan informasi penting dari suatu buku. Karena di dalam resensi biasanya tercantum informasi atau poin penting yang berguna bagi pembaca. Kemudian, pembaca juga akan mengetahui kelebihan dan kekurangan buku, yang pada akhirnya pembaca akan terbantu untuk melakukan pertimbangan apakah buku tersebut layak untuk dibaca ataukah tidak.
v  Penulis buku
Adanya resensi, akan sangat berguna pula bagi penulis buku sebagai bahan masukan. Saran dan kritik yang membangun sangat diperlukan penulis buku untuk meningkatkan kualitas bukunya di kemudian hari. Penulis buku juga akan merasa terbantu untuk mempromosikan bukunya melalui resensi.

            Melihat manfaat yang diberikan dari menulis resensi sangat banyak seperti yang sudah dijelaskan di atas, maka tidak ada alasan lagi bagi calon-calon resensator untuk menunda menulis resensi. Yuk menulis resensi, dan berikan manfaat bagi semua orang!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar